Settlement, Tagihan dan Refund

Siapa yang akan mengirimkan dana penyelesaian ke merchant?

Merchant aggregator akan menerima dana penyesaian dari NICEPAY sedangkan merchant fasilitator akan menerima dana penyelesaian dari bank atau mitra pembayaran.

Apakah dana penyelesaian yang diterima dari NICEPAY sudah dipotong fee oleh NICEPAY?

Sudah. Dana penyelesaian yang diterima oleh merchant dari NICEPAY sudah dipotong fee (dan PPn) oleh NICEPAY dan menjadi hak merchant sepenuhnya.

Apakah dana penyelesaian yang diterima dari NICEPAY bank atau mitra pembayaran sudah dipotong fee oleh NICEPAY?

Belum, oleh karena itu NICEPAY akan menagihkan fee (dan PPn) ke merchant atau memotong dari dana penyelesaian lainnya (jika ada) yang dikirim oleh NICEPAY ke merchant.

Mengapa NICEPAY menagih fee atas transaksi Bank BCA?

Dana penyelesaian atas transaksi Bank BCA dikirim oleh Bank BCA secara langsung sehingga NICEPAY tidak dapat memotong fee (dan PPn).

Bagaimana cara mengecek tagihan dari NICEPAY atas transaksi mana saja?

Masuk ke Back Office NICEPAY, lalu pilih menu settlement, lalu pilih settlement report. Pilih data type yaitu settlement data dan date yaitu satu bulan dari tanggal satu sampai akhir bulan. Lalu klik tombol excel detail. Akan terdownload file excel berisi detail transaksi yang dipotong fee (dan PPn).

Bagaimana cara mengecek detail transaksi atas dana penyelesaian yang diterima hari ini dari NICEPAY?

Masuk ke Back Office NICEPAY, lalu pilih menu settlement, lalu pilih settlement report. Pilih data type yaitu settlement data dan date yaitu hari ini. Lalu klik tombol excel detail. Akan terdownload file excel berisi detail transaksi yang dipotong fee (dan PPn).

Kapan akan diterima dana penyelesaian dari NICEPAY atas transaksi yang terjadi hari ini?

Pengiriman dana penyelesaian tergantung pada metode pembayaran. Biasanya dilaksanakan dalam hari kerja. Untuk detailnya, bisa masuk ke Back Office NICEPAY, lalu pilih menu profile, pilih merchant data, lalu klik jendela service info, dan pilih metode pembayarannya, misalnya VA, cari kolom settlement period. Informasi pada kolom settlement periode itu adalah berapa lama dana penyelesaian akan dikirimkan.

Bank apa saja yang bisa digunakan untuk menerima dana penyelesaian dari NICEPAY?

Semua bank bisa digunakan. NICEPAY membebaskan biaya kirim dana penyelesaian jika bank yang dipilih yaitu Bank Mandiri, Bank BCA, Bank BNI, Bank CIMB, Bank BRI, Bank Danamon, Bank Hana, Bank Syariah Mandiri dan Bank Maybank. Di luar bank tersebut akan dikenakan biaya per transfer sebesar IDR 5.000 untuk SKN (di bawah IDR 500 juta)  atau IDR 30.000 untuk RTGS (di atas IDR 500 juta).

Mengapa bisa terjadi pengembalian dana (refund)?

Pengembalian dana biasanya terjadi untuk metode rekening virtual (virtual account). Terjadi karena kode sudah expired, pembayaran lebih dari satu kali dan kode sudah dibatalkan namun terbayar.

Bagaimanakah proses pengembalian dana atau refund pada NICEPAY?

  • Khusus bagi pelanggan yang melakukan transaksi dengan kartu kredit, pengembalian dana akan dikembalikan ke kartu kredit pelanggan, yaitu dengan cara merchant memasukan data refund melalui fitur refund yang telah di sediakan pada dashboard NICEPAY. Selanjutnya tim kami akan membantu mengirimkan data tersebut kepada masing-masing pihak Bank Pengelola yang telah bekerja sama dengan NICEPAY untuk memproses refund kepada bank Penerbit.
  • Khusus bagi pelanggan yang melakukan transaksi dengan OVO, pengembalian dana akan dikembalikan ke OVO wallet pelanggan sesuai dengan tipe pembayaran (Cash atau point). Merchant hanya perlu memasukan data refund dalam file excel dan dikirimkan ke tim refund NICEPAY.
  • Khusus bagi pelanggan yang melakukan transaksi dengan VA (Virtual Account) pengembalian dana akan dilakukan dari merchant kepada pelanggan.

Berapa lama uang akan kembali ke pelanggan setelah saya melakukan refund?

Untuk kartu kredit, umumnya uang akan kembali ke pelanggan pada 7-14 hari kerja setelah proses refund telah dilakukan. Untuk transaksi OVO umumnya proses pengembalian dana sekitar 3-6 hari kerja.

Kapan pengembalian dana ditransfer ke merchant?

Dikirim bersamaan dengan dana penyelesaian. Silahkan dicek ke pertanyaan pengecekan detail transaksi atas dana penyelesaian yang diterima hari ini oleh NICEPAY.

Siapakah yang berkewajiban mengirimkan dana pengembalian ke pelanggan?

Merchant wajib mengembalian dana tersebut kepada pelanggannya.

Apakah terdapat biaya yang harus dibayar pada transaksi refund atau chargeback?

Tidak ada. NICEPAY tidak membebankan biaya tambahan pada transaksi refund.

Back to FAQ

Simple Way to Connect

Sign Up Now!