Berikut cara-cara yang mungkin dapat berguna dilakukan di sisi merchant :

  • Pastikan untuk menganalisa transaksi sedetail mungkin dari mulai informasi pengguna, karakter pengguna, jenis barang pembelian, jenis pembayaran yang digunakan, histori transaksi dan lain-lain.
  • Apabila terdapat kemungkinan mengarah pada transaksi penipuan, blok akun pengguna segera untuk mengindari pengulangan transaksi. Apabila masih memungkinkan dapat menahan proses pengiriman barang kepada alamat tujuan.
  • Masukan ke dalam daftar hitam/blacklist seperi : Nama Pengguna, Email ID, Nomer kartu kredit, ID perangkat dan lain-lain.
  • Demi keamanan jangan memberikan informasi rahasia kepada pihak luar tanpa ada perintah tertulis, contoh : Surat kepolisian, atau instansi yang berwenang.
  • Lakukan pembenahan teknis dan non teknis dan menutup celah-celah yang dapat di susupi oleh penipu sebagai sasaran tindak kejahatan.
  • Selalu terbuka untuk bekerja sama dengan pihak terkait, contoh: Payment Gateway (NICEPAY) Bank, regulator, dan lain-lain untuk dapat bertukar informasi umum mengenai tindakan penipuan terkini yang umumnya terjadi pada industri yang sama.