Sanggahan atau yang biasa dikenal dengan dispute adalah hal yang umum terjadi pada transaksi online menggunakan kartu kredit. Ini terjadi karena transaksi online dilakukan tanpa adanya kegiatan verfikasi secara fisik untuk melihat keaslian kartu kredit. Sehingga bank memberikan kesempatan untuk melakukan proses mediasi antara pemilik kartu dan pedagang (merchant) untuk membuktikan apakah kedua belah pihak telah melakukan kegiatan jual-beli semestinya. Oleh karena itu apabila merchant mendapatkan laporan sanggahan, berikut langkah yang perlu dilakukan :

  • Memberikan detail informasi transaksi selengkap mungkin, contoh: informasi pengguna, alamat rumah, alamat billing, detail pengiriman barang, invoice dan lain-lain.
  • Apabila perlu dapat mengirimkan dalam bentuk file gambar untuk memperkuat dokumen.
  • Menyertakan TNC, disclaimer atau ketentuan-ketentuan merchant pada pelanggan.
  • Membuktikan bahwa merchant telah menggunakan perlindungan keamanan tambahan seperti fasilitas 3ds, OTP (on time password), dan lain-lain.